bagian pada tv plasma

Mengenal Bagian-bagian pada TV Plasma.
Kebanyakan plasma TV dibuat oleh tiga produsen besar diantaranya adalah : Samsung, LG dan Panasonic, namun selain itu beberapa produsen yang lebih tua juga sudah mendahului termasuk diantaranya : NEC, Hitachi, Pioneer, dll yang sekarang tidak lagi dalam bisnis manufaktur PDP.
PDP (Plasma Display Panel) sebenarnya termasuk teknologi sudah dibilang jadul cuma masih cukup banyak peminatnya, tersisih oleh teknologi LED dan LCD. Namun untuk para praktisi teknik di daerah seperti kita kita ini masih banyak sering menerima pengerjaan reparasi TV Plasma.
PDP dilengkapi dengan panel kaca yang berisi campuran gas mulia. bagian vital dari panel ini tidak boleh sampai retak, pecah atau ada celah yang dapat menyebabkan gas didalamnya bocor.
PDP juga dilengkapi dengan Y-buffer, Y-sustain (biasa di sebut Ysus), Z-sustain (biasa disebut Zsus), Controll board, X driver. dan power supply board.
Beberapa board yang ada di TV Plasma :
Y-buffer (kadang-kadang dalam dua bagian, Y upper dan Y lower) ini terhubung ke bagian Y sustain (Ysus).
Y sustain (Y sus) di TV Plasma Samsung biasa istilahnya Y-Main sedangkan di TV Plasma Panasonic biasa istilahnya SC board). Ini biasanya letaknya berada di sebelah kiri layar jika anda melihat dari bagian belakang.
Z sustain (Zsus) di TV Plasma Samsung biasa istilahnya X-Main dan Panasonic biasa istilahnya SS board). Ini biasanya letaknya berada di sebelah kanan layar jika anda melihat dari bagian belakang.
Controller board (biasa disebut T-con tapi berbeda dg dengan T-con di LCD TV). biasanya berada di bagian bawah nya Mainboard.
X Driver - biasanya terpasang pd controller board atau tertanam/ terintegrasi di dalam controller board.
Power Supply/ Mainboard/AV Board/ Tuner Board - dll berada di bagian tengah dan ini sangat mudah sekali kita kenali dengan cirinya masing-masing.

Komentar

  1. Mu tanya om sy ada tv lg plasma 42pa4500...kerusakannya setiap di nylakan blok zsus jebol..trs sy bli blok zsus sy cek tegangn yg ke panel ada 90-91 vol sm ky yg di pcb nya...
    Sy nylakn tnpa blok ysus dia sehat aja..jd sy curiga di blok ysus ini...setelah sy lepas dr buffer tegangn nya g sm om...padahl tegngn di blok zsus antara 90-91 vol klo blok ysus mlh -160 vol...knp kok bs bgtu ya om apanya yg rusak padahl dh sy cek igbt nya bgus semua...
    Mknya setiap di nylakn blok y dan z blok z nya kalah krna tegangn nya beda..tlong ksh sarn om mksh

    BalasHapus
  2. Periksa ground panel nyambung ga
    Tegangan VA.vs harus seseui dengan tulisan di stiker

    BalasHapus
  3. tanya master, tv plasma samsung type PS50C430A1 kerusakan gambar tdk terang dan berbintik bintik. kira bagian mana yg bermasalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di LG plasma 42PA500 kalo berbintik bintik kerusakan masih di area Y-sus nya .. sempet otak atik pertama di VR set down ,set up , set Y saya puter kekanan ke kiri bersmaan lihat gambar ada perubahan yang bintik banyak agak berkurang , bonkar lagi Ymain cek di str langsung aku ganti walaupun gak rusak (short) di ganti str yg lain sempet aku cek di tester nilainya lebih kecil daripada yg sebelumnya dipasang dan hasilnya bintik lekas berkurang lagi , lumayan lah , dilihat juga udah sedikit bagus walaupun belum jernih 100 persen .

      Hapus
  4. Mau tanya Bosku kode IC driver pada z sustain Samsung PA43H4000AW, driver tersebut yang men trigger FGD4536.
    Barangkali bisa bantu...
    Terima kasih

    BalasHapus
  5. Mw tanya dg tv lg plasma 42pa4500 sy, tdk bisa nangkep siaran digital, pdhl antena sdh diganti dn dipindah2 didpt yg terbaik u siatan analognya, mhn solusi, tks.

    BalasHapus
  6. Mau tanya suhu tv samsung plasma type ps42a450 p1 muncul garis blok hitam vertikal kira kira kerusakan di bagian mana ya suhu mohon infonya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menganalisa kerusakan Plasma LG